Jumat, 06 Januari 2012

Dorothea Orem


                                                            DOROTHEA OREM
Model Keperawatan
Tema sentral dari model konseptul dorothea orem adalah konsep perawatan diri, dan ide deficit perawatan diri, yang berkaitan erat. Orem pertama kali menyatakan idenya pada akhir 1950 an .bukunya Nursing Conceps of Practice pertama kali dipublikasikan pada 1971 dengan edisi lanjutan diterbitkan pada 1980 dan 1985. Sampai saat ini Orem masih mengembangkan dan menyempurnakan model konseptualnya yang paling sering di pakai dalam keperawatan . tidak di ragukan orem memberi pengaruh  besar pada  keperawatan banyak kolega keperawatan yang menggunakan modal orem / bagian-bagianya dan yang merupakan model keperawatan yang paling banyak di gunakan dalam praktik keperawatan.
Model tersebut terdri dari tiga perspektif teroretis berikut ini :
-teori perawatan diri
 Orem berpendapat bahwa teori perawatan diri yang ia kemukakan, merupakan bagian dari model konseptual keperawatan yang dapat diterapkan oleh semua professional yang bekerja di bidang layanan kesehatan, seperti dokter, ahli fisiotera[I, ahli terapi wicara, dll . dalam pandangan Orem, perawatan diri merupakan proses pribadi yang bersifat unik, dan dipengaruhi oleh factor-faktor berikut ini :
-usia
-gender
-kesehatan
-pertumbuhan dan perkembangan
-lingkungan social/budaya
-sistem layanan kesesehatan
-keluarga
-gaya hidup
Kebutuhan perawatan diri oleh orem dibagi menjadi kebutuhan perawatan diri universal, perkembangan dan deviasi kesehatan . kebutuhan perawatan diri universal merupakan  hal yang umum bagi semua individu, seperti kebutuhan untuk memastikan seseorang bahwa ia makan dan minum, mendapat istirahat yang cukup, eliminasi dll. Kebutuhan perawatan diri perkembangan adalah yang berkaitan dengan pertumbuhan dan kemajuan individu .kebutuhan deviasi kesehatan secara spesifik dilakukan individu untuk dirinya sendiri atau mengatur orang untuk melakukanya, jika ia tidak mampu cedera atau sakit .
Perrawatan diri yang diperlukan secara teraupetik mencakup bahwa :
-          Setiap  orang harus mengetahui mengapa kebutuhan perawatan diri tertentu berhubungan dengan kesehatan .
-          Penelitian harus dilakukan untuk mengetahui cara apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perawatan diri.
-          Aktivitas perawatan diri yang diperlukan dilakukan secara adekuat
Teori defisiensi perawatan diri
Orem melihat keperawatan sebagai pendidikan professional dan kompensasi dari orang-orang yang menderita deficit perawatan diri . teori perawatan diri adalah topic utama dalam model konseptual ore dan yang menjutama dari teori tersebut adalah kapasitas perawatan diri .
Kapasitas atau kemampuan
Hal yang menjadi masalah disini adalah kemampuan untuk mencapai tindakan perawatan diri yang berorientasi pada tujuan .kapasitas berarti kuantitas dan jenis aktifitas perawatan diri yang dapat dilakukan seseorang dalam kondisi tertentu.ide abstrak tentang kapasitas tersebut dibuat lebih konkret  dengan mengasumsikan bahwa kapasitas atau kemampuan terdiri dari:
            -perhatian dan kewaspadaan berkaitan dengan berbagai faktor utama,baik internal dan eksternal,yang dapat memengaruhi proses perawatan diri.
-pengaturan tentang energy yang tersedia berkaitan dengan pemberian perawatan diri.
            -pengatur postur
            -alasan pemberian perawatan diri
            -motivasi-hal ini berkaitan dengan motivasi untuk mencaoai tujuan perawatan diri.
            - keputusan berkaitan dengan perawatan diri, keputusan yang di buat di arahkan pada hasil yang berkaitan dengan perilaku perawatan diri
-pengetahuan tentang perawatan diri : mengetahui, mengingat dan menerapkan pengetahuan.
- Keterampilan yang diulang-ulang dalam berbagai bidang yang memungkinkan seseorang untuk melakukan perawatan diri
-prioritisasi : hal ini merupakan kemampuan untuk menentukan nurutan prioritas
-integrasi : aktivitas perawatan diri harus diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari
TINDAKAN PERAWATAN DIRI
Menurut Orem kemampuan untuk melakukan perrawatan diri bergantung pada :
-penilaian pengkajian adanya faktor-faktor dalam diri seseorang dan lingkungan yang berkaitan dengan perawatan diri dan juga pengkajian tentang pentin gnya faktor-faktor tersebut dengan kesehatan dan kesejahteraan orang tersebut.
-Keputusan membuat keputusan tentang urutan dan jenis aktivitas perawatan diri yang akan dilakuakan
DDEFISIT PERAWATAN DIRI
Menurut Orem , defisiensi perawatan diri adalah hubungan yang kurang antara kemampuan perawatan diri seseorang dan perawatan diri yang dipwrlukan secara teraupetik . defisit perawatan diri dapat terjadi akibat :
-tidak cukupnya kemampuan untuk menentukan kuantitas dan jenis perawatan diri yang diperlukan secara teraupetik . Defisit perawatan diri ditentukan secara individual. Perawatan diri juga merupakan proses yang bersifat unik dan pribadi.
TEORI SISTEM KEPERAWATAN
Dalam teorinya tentang system keperawatan, Orem menjelaskan tentang bagaiamana kemampuan perawatan diaktivasi berdasarkan diagnosis deficit perawatan diri.
KEMAMPUAN KEPERAWATAN
Orem menyatakan bahwa intervensi keperawatan bersifat logis jika pasien mengalami deficit perawatan diri dan oleh karena itu tidak cukup mampu untuk melakukan perawatan diri yang diperlukan secara teraupetik . itilah pada perawat mampu memberikan asuhan dengan cara yang terstratuktur dan data :
-          Mendiagnosis deficit erawatan diri
-           merencanakan tindakan di bidang keperawatan
-           mengimplementasikan tindakan yang sudah direncanakan di bidang keperawatan
deskripi ini menunjukkan dengan jelas ersamaan antara kemampuan perawatan diri dan kemampuan keperawatan . keduanya dilakukan dengan sebuah proses yang dilakukan secara berurutan yaitu diagnosis deficit perawatan diri, perencanaan tindakan, dan akhirnya meiimplementasikan tindakan yang sudah direncanakan . Kemampuan keperawatan berbeda dengan hal lain, pendidikan erawat, pengetahuan, keahlian praktik, keahlian dalam aplikasi teknologi baru, dan persiapan untuk bekerja sama dan merawat orang lain.
SISTEM KEPERAWATAN
S istem keperawatan yang dimiliki dibuat berdasarkan deficit perawatn diri pasien dan kemampuan yang dimiliki perawat. Orem (1985) mnjelaskan system tersebut sebagai :
‘’Serangkaian tindakan kontinu yang dihasilkan ketika perawat menghubungkan satu atau sejumlah cara membantu pasien dengan tindakanya sendiri atau tindakan seseorang di bawah perawatan yang diarahkan untuk memenuhi tuntutan perawatan diri  teraupetik orang tersebut artau untukjmengatir perawatan diri mereka ‘’.
Hal yang selalu penting untuk memerikasa apakah pasien dapat berkontruksi dan kontribusi apa yang harus diberikan perawat. Orem membedakan tiga system keperawatan “
-          Suportif-edukatif
-          kompensasi parsial
-          kompensasi total
Hubungan model dengan paradigm keperawatan
Manusia
Model orem membahas dengan jelas individu dan berfokus pad aide diri dan perawatan diri . namun demikian seseorang dianggap paling eksklusif dalam konteks ini, sedangkan kompleksitas perawatan manusia dan tindakan manusia tiddak dipertimbangkan .

Lingkungan
Lingkungan juga dibahas dengan jelas dalam model ini . namun, hal ini terutama dianggap sebagai situasi tempat terjadinya perawatan diri atau kurangnya perawatan diri .

Sehat dan Sakit
Ide ini juga terdapat dalam model tersebut, namun dibahas dalam kaitanya dengan perawatan diri. Alasanya adalah bahwa jika individu dalam keadaan sehat mereka dapat memenuhi sendiri deficit perawatan diri yang mereka alami.

Keperawatan
Model ini mebahas dengan cara yang jelas dan sistematik sifat dari keperawatan dan kerangka kerja untuk memberikan asuhan keperawatan.Harus diketahui bahwa hal tersebut ditampilkan dalam  entuk pendekatan mekanistik berdasarkan pendekatan suportif-edukatif, kompensasi parsial, dan kompensasi total . pendekatan tersebut merupakan pendekatan langsung yang dapat di tata laksanakan. Karena hal itulah model ini sangat popular diantara para praktisi yang berpendapat bahwa model yang lebih kompleks sulit un tuk diimplementasikan .

http://www.ziddu.com/download/18118171/DOROTHEAOREM.docx.html


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar